Instagram

Pages

Support untuk Gerakan #BanggaBawaSampah dari I Gede Yudha Pratama




I Gede Yudha Pratama adalah mahasiswa lulusan jurusan Mekatronika dari VEDC Malang.  Ia gemar mendaki gunung sambil tetap menjaga kelestarian gunung yang ia daki dengan membawa sampahnya turun ke bawah. Gede pun mendokumentasikan aksi #BawaSampah melalui video berjudul Golek Jangkring nang Panderman (#Mlajahmlali). Berikut adalah penuturannya mengenai alasan di balik pembuatan video di Gunung Panderman, Batu (Jawa Timur) tersebut. 

Saya suka naik gunung, Tapi saya tidak suka dengan orang-orang yang mengaku pecinta alam tapi buang sampah di gunung seenaknya. Saya tau mungkin jika saya langsung menegur, tidak semua diantara mereka mau menerimanya, Dan cara saya untuk menegur atau memperingatkan mereka adalah dengan memberikan contoh. 

Sepanjang perjalanan naik dan turun. Saya dan teman-teman satu tim menyiagakan beberapa kantong plastik untuk menyimpan sampah-sampah yang kami pungut di sepanjang jalur pendakian dan membawanya turun.

Dengan cara seperti itu saya harap ada pendaki mulai sadar tentang akibat tercemarnya lingkungan akibat sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar